Trawas Trashion Festival Ajang Promosi Wisata Pegunungan

IM.com – Beragam kreativitas digelar di seluruh penjuru tanah air menyemarakkan perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke 72, tidak terkecuali masyarakat Trawas, Mojokerto. Sebanyak 5.000 orang dengan suka ria mengikuti Trawas Trashion Carnival dengan menampilkan beraneka kostum hingga suasana karnaval berlangsung meriah, Minggu (20/08/2017).

Peringatan Ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 diisi dengan kegiatan beragam masyarakat Indonesia, salah satunya karnaval yang dilangsungkan di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Ahad (20/08/2017).

Trawas Trashion Carnival (TTC) yang dipusatkan di Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto merupakan kerja bareng antara Kecamatan Trawas, Forpimka dan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Trawas. Arak-arakan kolosal tersebut melibatkan 5.000 peserta tersebut menempuh perjalanan sepanjang 2 Km melewati rute jalan raya Desa Trawas dan berakhir di sub terminal Trawas Desa Ketapanrame,

Peserta karnaval terdiri dari 13 desa di wilayah Kecamatan Trawas, mereka mewakili SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Karang Taruna, PKK serta penggembira dari kalangan umum.

Pada even Agustusan itu para peserta mengenakan busana adat, pakaian kerajaan, kostum pejuang, bahkan ada sebagian yang mendaur ulang barang bekas menjadi asesoris yang menawan. Ribuan warga tampak bergembira menyaksikan acara kolosal tersebut dengan memadati ruas jalan yang menjadi rute karnaval.

Camat Trawas M. Iwan Abdillah tampil sebagai pengibar bendera pemberangkatkan peserta karnaval disusul Danramil 0815/17 Trawas Kapten Arh Teguh PW, Trawas AKP Gatot Wiyono, dan Panitia HBN. Jajaran kepala desa pun hadir di tengah-tengah prosesi pemberangkatan.

Sebelum pemberangkatan, Camat Trawas M. Iwan Abdillah menyatakan, acara ini digelar sebagai ekspresi mewarnai kemerdekaan. Dia berharap, even tersebut bisa diselenggarakan secara rutin dalam mememraihkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Usai kegiatan, Danramil 0815/17 Trawas Kapten Arh Teguh PW berkomentar, kegiatan ini dapat menggali kreativitas masyarakat sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara. (dim/uyo)

Berita Terkait

Komentar