Desa Kembangsri Gelar Leadership Training Lembaga Pemerintahan Desa

IM.com – Pemerintah Desa Kembangsri menggelar Team Work and Leadership Training. Acara yang dihelat di Trawas selama dua hari (6-7/1-2018 ) diikuti sebanyak 42 orang. dari perangkat desa, BPD, LPM, Polindes, dan pengurus PKK.

Kepala Desa Kembangsri, Eko Sutrisno, mengatakankegiatan ini sebetulnya dilaksanakan akhir tahun 2017. Tujuan kegiatan untuk menyamakan pemahaman tentang pembangunan desa sekaligus sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di jajaran perangkat dan lembaga pemerintah desa.

“Harapan saya, dengan kegiatan seperti ini, seluruh jajaran lembaga pemerintah desa dapat saling support. Sehingga pembangunan desa dapat dilakukan sesuai amanat perundangan dan mengaktualisasikan aspirasi masyarakat,” ungkap Eko Sutrisno usai mengikuti game outbound dari Raider Team Indonesia.

Materi ini dipadu antara materi kelas dan di luar kelas dengan model outbound training. Pemateri utama adalah Drs. Ardi Sepdianto, M.Si., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mojokerto.

Drs. Ardi Sepdianto, M.Si berharap mulai kepala desa, perangkat desa, dan seluruh lembaga pemerintah desa harus tahu dan paham tugas pokok dan fungsinya. Pembangunan desa pasti berhasil, bilamana di dalam kelembagaan desa terjadi komunikasi dan kerja tim yang solid.

Sebab dana yang dikucurkan pemerintah kepada desa itu tujuannya untuk meningkatkan pembangunan berbagai bidang di pedesaan. “ Pemerintah dan lembaga desa cerdas dan solid membangun, pasti desa juga akan kian meningkat taraf kehidupan masyarakatnya,” ujar Ardi.

Materi selanjutnya diberikan Utomo, seorang dosen dan juga pengurus Anshor Kabupaten Mojokerto. Utomo memberikan motivasi dan berbagai tips seputar pemberdayaan masyarakat pedesaan.

Setelah itu, materi Manajemen Pengelolaan Bank Sampah diberikan Sanad dan Nurkholis, dari Ngoro Bangkit Beraksi. Sanad dan Nurkholis yang juga didampingi Siti Putri Eka Rahayu, Tenaga Pendamping Desa Kecamatan Ngoro, menyampaikan materi dalam bentuk roll play. (use/uyo)

Berita Terkait

Komentar