SBY Bersama Keluarga Napak Tilas dan Ziarah Leluhur Majapahit

IM.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga berkunjung di Trowulan Kabupaten Mojokerto, Senin (01/04-2018). Ini kunjungan kali kedua bagi SBY bersama istrinya Ani Yudhoyono di Tlatah Majapahit.

Rombongan Presiden RI ke 6 ini masuk ke Kota Mojokerto sekira pukul 09.45 WIB langsung menuju salah satu restoran di Jalan Bhayangkara Kota Mojokerto. Selanjutnya, rombongan menuju Museum Trowulan di Desa/Kecamatan Trowulan.

Di Museum Trowulan ini SBY yang didampingi istri Ani Yudhoyono dan dua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Komandan Kogasma dan Edhie Baskora Ibas Ketua Bapilu melihat langsung benda purbakala koleksi museum.

Tak hanya itu, SBY dan istrinya juga mengajak kedua putranya melihat rumah peninggalan Majapahit yang satu-satunya dikoleksi Museum Trowulan. Ibas pun langsung berpose di depan kerangka rumah Majapahit disusul SBY dan istrinya serta AHY berpose foto bersama dengan latar belakang rumah Majapahit.

Selanjutnya SBY bersama rombongan menuju Pendopo Agung, dilanjutkan ziarah di Ratu Anjasmoro dan Kencono Wungu di Desa Sentonorejo diteruskan ke petilisan Tribuana Tunggal Dewi di Desa Klinterejo Kecamatan Sooko.

Perjalanan napak tilas SBY bersama keluarga dilanjutkan ke petilasan Hayam Wuruk di Desa Panggih Kecamatan Trowulan dan Siti Inggil petilisan Raden Wijaya di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan. Di Siti Inggil ini SBY bersama keluarga seusai ziarah melakukan makan siang bersama warga dan kader Partai Demokrat.

SBY dalam sambutanya di area Siti Inggil, mengatakan tujuan kunjungannya ke Mojokerto khususnya Trowulan bersama keluarga adalah untuk melakukan napak tilas dan juga ziarah kepada para leluhur para pemimpin Kerajaan Majapajit.

“Bangsa yang besar bangsa yang mengormati lelulur-leluhurnya, pahlawan-pahlawannya dan pemimpin-pemimpinya. Termasuk para pemimpn Majapahit yang ikut mencari jalan bagi terbentuknya negara Indonesia, dulu menyatukan daerah–daerah yang terpecah menjadi nusantara dalam proses sejarah kemudian menjadi Indoneisa dan sekarang kita menjadi warga negaranya,” tuturnya.

Kunjungan Presiden RI ke 6 bersama keluarga di Kabupaten Mojokerto yang berakhir sekira pukul 14.00 WIB itu tidak menimbulkan kemacetan pada jalur yang dilewati. Bahkan tidak nampak pengamanan yang ektra ketat kendati mendapat sambutan hangat warga di wilayah-wilayah yang dikunjungi.

Termasuk jamuan makan siang bersama warga dan para kader partai. Para undangan mendapat suguhan nasi bungus. Sementara SBY bersama keluarga nampak sangat menikmati dan senang bisa makan bersama warga. Termasuk Ibas menyantap pisang setelah makan siang.

Sementara, AHY tiba-tiba beranjak dari kursi dan membawa satu sisir pisang yang ada di mejanya untuk dibagikan kepada warga. Sontak pisang yang dibagikan menjadi rebutan warga yang hadir. (uyo)

Berita Terkait

Komentar